Mudah membuat Identitas Diri 
(Curiculum Vitae) dengan Canva

Canva merupakan salah satu alpikasi grafis online dengan tujuan pengekspresian seni yang disampaikan dalam bentuk visual baik secara elektonik maupun non elektronik (media cetak) yang di dalamnya mempunyai arti penyempurnaan pesan untuk dipublikasikan. 

Untuk memudahkan kita dalam memberikan sebuah keberadaan kita, maka sebagai gambaran dalam pembuatan identitas/profil diri (CV) bisa dicoba salah satunya dengan memakai aplikasi canva yang bisa dilakukan di HP ataupun Laptop anda. berikut di bawah ini sebagai contohnya : 
 

Inilah hasil tampilan desain grafis Canva yang begitu mudah dan keren untuk di publish di blog dan di share ke sosial media, menambah percaya dengan desain praktis Canva.com

mari kita mulai untuk langkah dan membuatnya. Namun sebelum melangkah tentang penggunaan dan lanmgkahnya, Ada yang tahu canva itu apa? Canva merupakan sebuah aplikasi/program desain online yang menyajikan beberapa pilihan tools atau alat editing berupa desain grafis seperti desain kartu nama,desain sosial media, header blog, infografis, banner, undangan, colage foto, sosial media cover, ebook cover, font, sticker, image, icon, dan masih banyak lagi.

Canva memang dipersiapkan dengan sangat simple dan mudah digunakan sekalipun untuk pemula yang ingin belajar desain grafis. Pada Canva kita cukup registrasi GRATIS untuk satu akun, dan bebas mendesain sebanyak-banyaknya, untuk image ada yang tersedia secara gratis dan ada yang berbayar. Canva memang aplikasi desain grafis online yang sangat banyak digunakan untuk keperluan berbagai desain yang ingin Anda buat.

Untuk memulainya cukup dengan ketik canva.com, maka akan terhubung pada websitenya. Yuk kita mulai tutorial mudah menggunakan desain grafis Canva yaitu :

1.     Login/Register



Jika belum punya akun maka register dahulu, bisa menggunakan akun facebook atau akun google plus, pilih yang mudah saja. Kemudian pilih salah satu akun Anda, klik persetujuan, biasanya langsung masuk ke dashboar, ada juga pertanyaan tentang profesi pendaftar, misal blogger, student, businessman, klik saja salah satu status atau profesi Anda. Setelah data terbaca, maka Canva sudah siap digunakan untuk desain pertama Anda.

2. Pilih Desain



Sekarang kita memasuki pilihan desain grafis canva, banyak sekali tools yang bisa di klik sesuai dengan keperluan desain Anda. Seperti untuk keperluan presentasi, social media, judul blog, blog grafik, infografis, instagram post, ebook, twitter post, social grafik, dan masih banyak lagi, klik 'more' untuk melihat detail pilihan tools yang tersedia.

Setelah itu klik salah satu pilihan tools desain grafis Canva yang Anda butuhkan.Seperti ingin membuat judul blog, klik resume  title maka akan muncul tab baru untuk memulai editing.

3. Editing



Pada tab baru ini kita akan memulai tahap editing dengan banyak pilihan :

·         Search : untuk keyword atau sesuatu yang kita cari. Misal kita ketik "resume" maka akan muncul aneka CV/resume

·         Lay out : berupa tampilan yang ingin kita pilih, grid, natural atau colage.

·         Element : berupa icon, line, sticker yang dapat kita pilih. 

·         Text : dapat memilih jenis font,ukuran dan warnanya. 

·         Background : warna-warni pilihan untuk latar atau juga berupa gambar.

·         Upload : jika kita ingin mengupload foto sendiri dari file komputer/laptop. Foto pribadi kita ini bisa kita edit di Canva.com


4. Download dan Save

Sudah seesai editing, maka selanjutnya adalah mau save atau simpan, atau juga mau share ke sosial media langsung. Untuk save ada tiga type yaitu jpg, png, pdf. Silahkan pilih yang sesuai.


itulah salah satu contoh CV/Curiculum Vitae (identitas diri), semoga desain ini bisa menjadi gambaran untuk referensi tambahan dalam dunia usaha atupun pendidikan.

bila ada yang kurang jelas bisa ditujukan dikolom komentar